Operator Telekomunikasi (Telkom, Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata dan Smartfren) anggota ATSI salurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Cianjur, Jawa Barat yang terdampak bencana alam gempa bumi (21/11/2022). Kegiatan ini adalah sebagai wujud nyata Operator peduli guna meringankan derita yang dialami oleh masyarakat Cianjur

Selain itu, para penyelenggara Telekomuniasi terus memberikan kemudahan bagi pelanggannya untuk tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat.

ATSI, sebagai asosiasi juga memberikan dukungan berupa bantuan dana sebesar Rp.25 juta melalui Kementerian Kominfo guna meringankan beban bagi masyarakat Cianjur yang terdampak gempa bumi.

Telkom

Mengutip informasi dari situs resminya, PT Telkom Indonesia sudah menyalurkan bantuan telekomunikasi dengan total nilai mencapai Rp1 miliar. Bantuan yang disalurkan oleh Telkom tersebut terdiri dari dukungan sarana telekomunikasi pada posko dan sarana publik juga kompensasi pelanggan atas layanan yang terganggu pasca bencana gempa. Semua itu adalah wujud nyata kontribusi dari Telkom sebagai sebuah perusahaan digital telco yang hadir untuk masyarakat.

Telkom juga telah menyalurkan dukungan sarana komunikasi di sebanyak 27 titik lokasi posko tanggap bencana untuk dapat diperoleh manfaatnya dalam kelancaran komunikasi saat proses evakuasi dan penyaluran bantuan bagi korban terdampak bencana gempa bumi. Bantuan tersebut diserahkan ke berbagai rumah sakit, puskesmas, posko pengungsian, Posko PMI, Posko BNPB, Posko Kominfo, Basarnas hingga posko berbagai BUMN di wilayah Cianjur.

Sementara bantuan komunikasi yang disalurkan terdiri dari 12 IndiHome, 11 Wifi Managed Service, 3 unit Orbit, 2 internet satelit Starlink, 4 unit telepon satelit, dan 2 unit mobile cognitive radio base station. Bantuan layanan internet tersebut tidak hanya dimanfaatkan untuk kegiatan operasional petugas posko, namun dapat digunakan juga oleh para pengungsi dan pelanggan yang terdampak.

Selain itu, Telkom juga senantiasa berupaya mempercepat pemulihan layanan telekomunikasi di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya melalui perbaikan infrastruktur yang terdampak gempa bumi. Perbaikan infrastruktur telekomunikasi yang sudah dilakukan oleh Telkom di antaranya mencakup perbaikan menara base transceiver station (BTS) dan jaringan fiber optik. Telkom juga telah berhasil melakukan perbaikan infrastruktur dan layanan telekomunikasi termasuk pada wilayah yang sebelumnya terkendala oleh tanah longsor, seperti di daerah Cugenang, Kabupaten Cianjur. Tak hanya itu, Telkom juga memastikan bahwa terdapat kompensasi bagi pelanggan yang layanan telekomunikasinya terdampak pasca gempa.

Sebelumnya, Telkom telah menyalurkan 1.000 paket sembako dan juga menjadikan kantor Datel Cianjur dan STO Sukaresmi sebagai posko penampungan sementara sekaligus untuk menyalurkan bantuan kepada 21 desa, 52 kampung, dan 4.100 jiwa yang terdampak gempa bumi. Telkom pun secara kontinyu memberikan bantuan kepada masyarakat yang berada di wilayah Cianjur dan sekitarnya, baik itu berupa ambulans, makanan siap saji, air mineral, bahan pokok, selimut, obat-obatan, P3K, peralatan sanitasi, peralatan tidur, hingga bantuan psikologis berupa trauma healing bagi korban.

Sumber: TELKOM.CO.ID

Telkomsel

Untuk membantu masyarakat di wilayah Cianjur yang menjadi korban bencana alam gempa bumi berkekuatan 5.6 magnitudo (Senin, 21/11/2022) Telkomsel telah mengerahkan tim unit siaga bencana yang bekerjasama dengan BNPB. Tim tersebut dinamakan tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) yang bertugas membantu proses percepatan evakuasi dan mendirikan beberapa posko, serta menyalurkan bantuan sosial kemanusian sebagai bentuk kepedulian Telkomsel kepada para korban seperti bantuan paket sembako, makanan siap saji, perlengkapan dan paket sanitasi.

Selain itu, untuk memberikan kemudahan bagi pelanggannya yang terdampak gempa bumi untuk bisa tetap berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat, Telkomsel juga menghadirkan paket khusus dengan harga Rp10, yang dapat dimaksimalkan untuk akses telepon dan SMS ke semua operator.

Telkomsel juga telah melakukan percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi yang terganggu karena adanya pemadaman listrik. Telkomsel sudah mengoperasikan alat yang bernama MBP atau genset yang berfungsi untuk mendukung operasional BTS yang terdampak supaya para pelanggan tetap dapat menggunakan kembali layanan Telkomsel dengan normal.

General Manager Consumer Sales Region Jawa Barat Telkomsel Abdi Januar Putra mengungkapkan kalau Telkomsel telah mengerahkan tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) untuk percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi, pendirian posko darurat dan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam gempa bumi.

Sumber: Telkomsel Percepat Pemulihan Layanan di Cianjur lewat Paket Rp10

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH)

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) ikut serta dalam kegiatan penyaluran bantuan kemanusiaan untuk masyarakat di wilayah Cianjur yang terkena dampak bencana gempa bumi. Bantuan tersebut adalah sebagai bentuk tanggung jawab dan juga kepedulian IOH yang mendalam terhadap bencana gempa bumi yang mengguncang wilayah Cianjur dan sekitarnya.

Bantuan tersebut disalurkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) IOH yang terbagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama diberikan sejak H+1 kepada warga Cianjur yang terkena dampak gempa bumi yaitu bantuan berupa 500 porsi makanan yang sudah siap dikonsumsi oleh warga di enam wilayah terdampak.

Selain bantuan makanan, dalam rangka mendukung kelancaran komunikasi masyarakat yang terdampak gempa bumi, IOH sudah memberikan 260 starter pack IM3 dan Tri, serta kuota 1 GB secara gratis. IOH juga mendirikan posko komunikasi darurat di RSUD Sayang, Cianjur. Di posko tersebut IOH menyediakan starter pack dan fasilitas hotspot secara gratis untuk masyarakat.

Sementara itu, bantuan tahap kedua telah diberikan sejak tanggal 27 November 2022 lalu. Bantuan tahap kedua ini yaitu pendirian Posko Darurat IOH di Lapangan Sepak Bola Jagakarsa, Desa Jambudipa, yang menyediakan fasilitas kesehatan gratis, pemulihan trauma bagi anak-anak, hingga makanan siap konsumsi sebanyak 300 porsi/hari.

Selain itu, IOH juga mendirikan shelter di Desa Cijedil Gn. Lanjung 2 dan kampung Panumbangan, Cibulakan, Kecamatan Cugenang.

Sumber: Peduli Cianjur Jawa Barat, IOH Terus Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Cianjur

XL Axiata

Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR yang mengguncang wilayah Cianjur pada (Senin, 21/11/2022), selain menimbulkan korban jiwa dan benda juga berdampak pada terganggunya jaringan dan layanan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di beberapa titik karena padamnya aliran listrik PLN. XL Axiata telah melakukan percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi dan data di wilayah-wilayah yang terdampak. Bersamaan dengan itu, penyaluran bantuan tanggap darurat oleh XL Axiata ke sejumlah posko pengungsian dilakukan secara bertahap.

Bantuan tanggap darurat yang telah disalurkan XL Axiata untuk masyarakat Cianjur yang terdampak gempa bumi, di antaranya:

  • Layanan Telepon Gratis Korban Gempa. XL Axiata menyediakan layanan bebas biaya telepon dan SMS. Bagi warga yang juga pelanggan XL, AXIS, dan XL Prioritas bisa menelepon dan kirim SMS ke sesama nomor pengguna XL Axiata. Sementara itu, untuk menelepon dan SMS ke nomor operator lain, pelanggan bisa mendapatkan 10 menit nelpon dan 10 SMS gratis. Selain itu, pelanggan juga masih mendapatkan kuota data sebesar 500 MB selama 4 hari dengan mengakses *505#. Inisiatif layanan ini telah dibuka sejak 21-24 November 2022 dan berlaku di lokasi bencana yaitu Cianjur hingga Sukabumi, Jawa Barat.
  • Penyaluran Kebutuhan Pokok. XL Axiata, melalui program XL Axiata PEDULI menggandeng BenihBaik.com dalam menyalurkan secara langsung bantuan tanggap darurat ke sejumlah titik pengungsian yang tersebar di Cianjur, Jawa Barat. Penyaluran ini berlangsung secara bertahap. Bantuan yang disalurkan pun disesuaikan dengan kebutuhan darurat para korban seperti air mineral, makanan ringan cepat saji, selimut, hingga popok bayi. Penyaluran ini turut bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.
  • Posko Gratis Telepon. XL Axiata, melalui program XL Axiata PEDULI juga telah menyediakan posko telepon gratis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang terdampak gempa Cianjur. Salah satu posko berada di RSUD Sayang yang berlokasi di Jalan Rumah Sakit No 1, Kelurahan Bojongherang, Cianjur, Jawa Barat. Sementara posko lainnya dibuka secara mobile di beberapa posko pengungsian yang tersebar di Cianjur. Di seluruh posko ini pun, XL Axiata menyediakan gratis kartu perdana XL bagi masyarakat yang membutuhkan. Kartu perdana ini telah dilengkapi dengan gratis telepon yang dapat dimanfaatkan masyarakat.
  • Donasi Digital. Untuk memudahkan seluruh pelanggan, XL Axiata membuka saluran Donasi Pulsa. Untuk bisa berdonasi pulsa, pelanggan prabayar XL dan AXIS serta XL Prioritas cukup mengirimkan SMS ke 6116 dengan format Donasi <spasi> XLPEDULIBENCANA <spasi> nominal, untuk pelanggan XL dan XL Prioritas, serta Donasi <spasi> AXISPEDULIBENCANA <spasi> nominal bagi pelanggan AXIS. Selain SMS, pelanggan juga bisa berdonasi melalui *123#6116# pilih XLBerbagi_PEDULIBENCANA, dengan nominal mulai dari Rp1.000 hingga Rp200.000. Seluruh hasil donasi dari pelanggan akan disalurkan untuk membantu korban terdampak Gempa Cianjur.
  • Donasi Karyawan. Dari sisi internal XL Axiata, manajemen secara sigap langsung turun ke lokasi bencana untuk meninjau dan memastikan kondisi karyawan terdampak di seluruh Cianjur. Sejumlah bantuan dalam bentuk kebutuhan pokok sehari-hari dan santunan dana disalurkan langsung oleh Group Head People Services & Facility Management XL Axiata Ryyld Ipbtas Yusri kepada karyawan dan keluarganya. Saat ini pun, perusahaan telah membuka saluran donasi, khusus bagi karyawan yang ingin berpartisipasi dalam meringankan beban para korban bencana. Hasil dari donasi karyawan akan dikumpulkan untuk didonasikan dalam bentuk kebutuhan pokok bagi warga terdampak. Selain itu, ada juga donasi karyawan XL Axiata melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL). Penyaluran bantuan dilakukan di Kampung Tegallega, Desa Limbangansari, Kecamatan Warung Kondang, Cianjur, Jawa Barat di mana terdapat korban jiwa, puluhan rumah dan fasilitas umum yang rusak berat, serta warga yang mengalami luka-luka, dan harus mengungsi. Bantuan yang disalurkan ini merupakan hasil pengumpulan dana zakat dan infak karyawan XL Axiata yang dikumpulkan untuk disalurkan kepada korban gempa Cianjur, termasuk karyawan terdampak.
  • Layanan Cepat XL Center. XL Axiata pun memastikan, pusat layanan pelanggan, XL Center, telah dibuka kembali dan beroperasi seperti biasa sejak Rabu (23/11/2022). Seluruh petugas pelayanan telah siap untuk melayani kebutuhan penggantian kartu yang hilang atau rusak, pengisian pulsa, hingga pembayaran tagihan. XL Center Cianjur yang berlokasi di Jalan Ir. Haji Djuanda No 38, Panembong, Mekarsari, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beroperasi dari pukul 10.00-14.00. Selama periode tanggap darurat, layanan penggantian kartu di XL Center dapat dilakukan secara gratis. Sementara itu, bagi pelanggan yang tidak dapat datang langsung ke XL Center, tersedia layanan online untuk kebutuhan penggantian ataupun aktivasi kartu, yang dapat diakses melalui www.xl.co.id/xlcenter.

Hingga saat ini, seluruh tim XL Axiata terus bersiaga sepanjang masa tanggap darurat, hingga 20 Desember 2022 . Untuk mendukung dan melayani kelancaran komunikasi masyarakat, XL Axiata memiliki lebih dari 560 BTS yang tersebar di wilayah Cianjur yang terdiri dari 280 BTS 4G dan lebih dari 270 BTS 2G.
Sementara itu, di wilayah Sukabumi terdapat lebih dari 1.200 BTS, dengan hampir 800 BTS di antaranya merupakan BTS 4G.

Di seluruh Provinsi Jawa Barat, XL Axiata memiliki total lebih dari 27 ribu BTS, dengan lebih dari 17 ribu BTS 4G.

Sumber: XL Axiata Fokus Pulihkan Jaringan dan Salurkan Bantuan bagi Masyarakat

Smartfren

Seperti halnya operator telekomunikasi yang lain, sejumlah infrastruktur dan jaringan komunikasi milik Smarfren pun mengalami gangguan karena terdampak gempa bumi yang terjadi di wilayah Cianjur.

Smartfren pun sudah mengambil langkah cepat untuk mengatasi gangguan dan kerusakan yang terjadi agar para pelanggannya tetap bisa berkomunikasi dengan normal.

Sebagai bentuk dukungan dan kontribusi dalam solidaritas bagi korban bencana gempa di Cianjur, Smartfren berkolaborasi dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat dan juga komunitas sudah menyalurkan bantuan kepada masyarakat Cianjur yang terdampak gempa bumi.

Bantuan yang disalurkan berupa dana tunai, makanan, obat-obatan, selimut dan juga peralatan mandi.

(Copy writes by Sumbada)