Pembinaan Ecosystem ICT dan Dampaknya Pada Kebijakan dan Pengaturan Penyelenggaraan Telekomunikasi / ICT

Penyelenggaraan telekomunikasi adalah kegiatan penyedian dan pelayanan telekomunikasi sehingga memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi. Didalamnya terdapat elemen-elemen penyelenggaraan yang dapat dikelompokkan menjadi kelompok Device, Network serta Applications (DNA), yang berada dalam suatu ekosistem.

Hampir di seluruh negara yang ada di dunia, mempunyai kecenderungan yang sama, yaitu pesatnya pertumbuhan ekosistem. Yang ditandai dengan tumbuhnya pengguna dan perkembangan penggelaran teknologi broadband.

Model ekosistem di setiap negara pada prinsipnya adalah sama. Seperti model yang disampaikan Fransman, dimana terdapat 4 layer yaitu layer-1 yang diisi networked element providers, layer-2 yang diisi network operators, layer-3 yang diisi platform, content & applications providers, dan layer-4 yang diisi final consumers. Tidak ada satu pun model bisnis yang baku, karena tipe relasi antar elemen bisa bermacam-macam, salah satunya dipengaruhi respon terhadap munculnya layanan digital (hubungan network operator dan platform, content & applications providers).

Ekosistem ICT di Indonesia pun terus berkembang dengan pesat sejalan dengan perkembangan teknologi digital. Pertumbuhan ekosistem ICT di Indonesia sangat bergantung kepada langkah kolaboratif stakeholder di Indonesia, yakni Academy, Business, Govermnet, Communit dan Media.

Dalam penelitian ini dilakukan analisis untuk melihat apakah dalam lingkungan perkembangan teknologi, model bisnis, penyelenggaraan telekomunikasi dan ICT, serta kompetisi yang berkembang pesat, apakah pengaturan-pengaturan yang ada saat ini masih relevan dan menyentuh semua layer dalam ekosistem.

Dimana hasil penelitian akan membuat rekomendasi mengenai model pembinaan dan berbagai aturan yang ada agar ekosistem ICT tumbuh dengan baik di Indonesia.

 

Fullscreen Mode
By | 2017-06-18T19:04:49+00:00 Juni 11th, 2017|Kajian|